Tim Nasional Mozambique



Team sepak bola nasional Mozambik (bahasa Portugis: Selecao Moçambicana de Futebol) sebagai wakil Mozambik dalam sepakbola pria serta dikontrol oleh Asosiasi Sepakbola Mozambik, tubuh pengontrol sepak bola di Mozambik. Mozambik belum pernah penuhi ketentuan untuk Piala Dunia FIFA, tapi mereka sudah penuhi ketentuan untuk empat Piala Afrika di tahun 1986, 1996, 1998 serta yang paling baru Piala Afrika 2010 di Angola, tersisih di set pertama dalam ke-4.

Negara asal Mozambik ialah Estádio do Zimpeto di ibu kota Maputo, serta bisa memuat 42.000 pemirsa. Kepala pelatih team sekarang ini ialah Victor Matine, sebagai manager pada Juli 2019, [4] gantikan pelatih kepala awalnya serta bekas pemain internasional Portugal Abel Xavier, yang sudah bekerja semenjak Februari 2016.

Di hari kemerdekaan di tahun 1975, Mozambik mainkan laga pertamanya; laga pertemanan menantang Zambia, menang 2-1. 2 tahun selanjutnya, Kuba jadi musuh non-Afrika pertama Mozambik saat ke-2 negara berjumpa di Mozambik, dengan Kuba menang 2-0. [6] Mozambik masuk kwalifikasi Piala Dunia untuk kali pertamanya dalam pertandingan kwalifikasi 1982. Mozambik ditaklukkan 7-3 dengan dua kaki oleh Zaire di set pertama.

Mozambik maju ke Piala Afrika pertama di tahun 1986. Dalam pertandingan kwalifikasi mereka menaklukkan Mauritius, Malawi (lewat beradu penalti), serta pada akhirnya Libya, menang lagi lewat beradu penalti.

Pada kompetisi paling akhir di Mesir, Mozambik diletakkan di Group A dengan Senegal, Pantai Gading serta tuan-rumah Mesir. Mereka kehilangan semua laga 3-0, 2-0 serta 2-0, tanpa ada cetak 1 gol juga.

Mozambik harus menanti 10 tahun untuk maju ke Piala Afrika yang lain, sebab mereka maju ke kompetisi 1996 di Afrika Selatan. Mereka diletakkan di Group D dengan Pantai Gading, Ghana serta Tunisia. Mozambik mainkan laga pertama mereka menantang Tunisia di Port Elizabeth, menggambar 1-1 dengan Tico-Tico cetak gol di menit ke-4. Mereka selanjutnya kalah 1-0 dari Pantai Gading serta 2-0 dari Ghana, hingga singkirkan mereka dari kompetisi.

2 tahun selanjutnya, Mozambik penuhi ketentuan untuk Piala Afrika ke-3 mereka yang diselenggarakan di Burkina Faso. Mereka kembali lagi diletakkan di group D dengan Maroko, Mesir serta Zambia. Mozambik kehilangan laga pertama mereka menantang juara kompetisi pada akhirnya Mesir 2-0, kedua-duanya gol tiba dari Hossam Hassan. Dalam laga ke-2 mereka, mereka kembali lagi kalah dari Maroko 3-0, oleh karenanya singkirkan mereka dari kompetisi dengan satu laga masih sisa. Dalam laga paling akhir mereka menantang Zambia, mereka bermain seri 1-1, gol pertama mereka di kompetisi. Ini akan dapat dibuktikan jadi laga Piala Afrika paling akhir mereka semasa 12 tahun.

Mozambik masuk kwalifikasi Piala Dunia FIFA 2010 di set ke-2, serta diletakkan di Group 7 dengan Botswana, Madagaskar serta raksasa sepak bola Afrika Pantai Gading. Mereka membuat awal yang jelek untuk kwalifikasi, kalah dari Pantai Gading serta ikan kecil Botswana 1-0 serta 2-1, serta menggambar 1-1 dengan Madagaskar. Mozambik selanjutnya menaklukkan Madagaskar 3-0 di Antananarivo dengan beberapa gol yang datang dari Tico-Tico, Carlitos serta Domingues. Mereka selanjutnya bermain seri 1-1 dengan Pantai Gading serta menaklukkan Botswana 1-0 di Gaborone untuk maju ke Set ke-3.

Mozambik salah satu team favorit paling rendah di set ke-3, serta diletakkan di Group B bersama-sama Nigeria, Tunisia, serta Kenya. Mereka meneruskan untuk menggambar laga pertama mereka menantang raksasa Nigeria 0-0 di Maputo. Mereka selanjutnya kalah di laga selanjutnya menantang Tunisia serta Kenya 2-0 serta 2-1, saat ini membuatnya perjuangan untuk maju ke Piala Dunia FIFA pertama mereka. Di laga selanjutnya, mereka menaklukkan Kenya 1-0 dengan score Tico-Tico, tapi selanjutnya kekalahan dari Nigeria membuat mereka tersisih dari kwalifikasi. Dalam laga paling akhir mereka menaklukkan Tunisia 1-0 dalam kemenangan mengagetkan yang hentikan Tunisia dari kwalifikasi. Walau tidak maju ke Piala Dunia, kemenangan ini cukup untuk amankan tempat ke-3 serta kwalifikasi untuk Piala Afrika 2010 di Angola.

Sesudah mangkir semasa 12 tahun dari sepak bola Piala Afrika, Mozambik diletakkan di Group C bersama-sama Mesir, Nigeria, serta Benin. Dalam laga pertama mereka, mereka mainkan Benin Benguela menggambar 2-2 sesudah kalah 2-0, dengan gol tiba dari Miro serta Fumo. Mereka selanjutnya pergi untuk kalah 2-0 untuk juara kompetisi pada akhirnya Mesir serta 3-0 ke Nigeria, hingga hilangkan mereka dari kompetisi. Sesudah kompetisi, pembuat gol paling banyak selama hidup serta kapten Tico-Tico pensiun dari sepakbola internasional.

Mozambik belum capai Final AFCON ke-5 walau seringkali tidak berhasil. Semasa kwalifikasi 2013, mereka capai set final serta menaklukkan Maroko 2-0 di putaran pertama di Maputo. Tetapi, mereka dipukuli 4-0 di Marrakech empat hari setelah itu. Semasa kwalifikasi 2019 Mambas cuma tidak diterima oleh equiliser Guinea-Bissau di pemberhentian waktu di akhir laga Group K paling akhir mereka.

Popular posts from this blog

Tim Nasional Afrika Selatan

Tim Nasional Zambia